in

Bahan Penyusun dan Pemasangan Atap Metal

Atap metal merupakan jenis atap modern yang kini menjadi pengganti atap atau genteng dari tanah. Pada dasarnya, tampilan atap tersebut tidak jauh berbeda dengan genteng pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada jenis bahan dasar yang digunakan.

Bahan Penyusun

Atap metal terbuat dari material logam yang memiliki bobot ringan. Terdapat 2 jenis bahan pelapis yang biasa digunakan untuk jenis atap ini yaitu galvanis dan baja ringan. Di pasaran, jenis genteng metal yang beredar terdiri dari 2 macam yaitu atap dengan lapisan pasir dan atap polos. Kehadiran lapisan pasir tersebut berfungsi untuk menahan panas. Selain itu harga atap dengan lapisan pasir juga lebih mahal daripada yang tidak berpasir.

Cara Memasang Atap Metal

Atap metal dipasang dengan cara dibor. Setelah itu dipasang mur dengan jarak yang telah disesuaikan di setiap lembar. Jadi genteng metal dapat menempel dengan kuat di permukaan rangka atap. Untuk menghindari terjadinya kebocoran pada saat musim penghujan, pengguna dapat memberikan seal di setiap lubang yang sudah dipasang mur tersebut. Cara ini juga dilakukan untuk pemasangan talang dan nok metal.

Hal yang perlu diperhatikan dari pemasangan genteng metal adalah bagian bawah dan atas genteng tidak boleh terbalik. Pasalnya, atap tersebut memiliki SOK dengan pemasangan lembaran di sayap kanan dan pemasangan lembaran di sayap kiri atap.

Pemasangan atap metal terdiri dari 2 jenis yaitu pemasangan genteng metal zig zag dan cara pemasangan screw. Berikut ini adalah penjelasannya

–          Cara Pemasangan Atap Metal Zig Zag

Pemasangan atap harus dilakukan dengan teknik zig zag untuk meminimalkan jumlah tumpukan overlap di satu tempat. Cara ini bertujuan untuk memperoleh tumpukan overlap yang presisi sehingga mampu mencegah aliran air masuk di sambungan atap.

–          Cara Pemasangan Atap Metal Screw

Pada cara pemasangan ini,posisi sambungan genteng atas harus tepat berada di atas sambungan gentang bawah dari genteng sebelumnya. Pastikan pula osisi overlap bawah selalu berada di bawah tumpukan overlap atas di setiap penyusunan atap berikutnya. Screw tidak boleh dipasang berdekatan dengan sambungan atap atau jalur air untuk mencegah air masuk melewati lubang screw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

how to write motivation letter for scholarships

6 Tips and Tricks to Make Powerful Motivation Letter for Scholarship

jual genset murah

Permintaan jual genset yang meningkat seiring tren bekerja dari rumah